Sikap Dalam Menghargai Waktu

Pada artikel kali ini saya akan mencoba menjelaskan sebuah artikel tentang “Sikap Dalam Menghargai Waktu” hal ini saya lakukan untuk tugas softskill saya dan bagaimana memberikan informasi kepada pembaca bagaimana pemikiran saya dalam menyikapinya.

Adakalanya kita sebagai manusia sering kali meremehkan waktu yang kita punya dengan melakukan hal-hal yang kurang penting dalam hidup kita malah cenderung kita gunakan untuk hal-hal yang negatif,  namun tidak bisa di pungkiri bahwa itu hal lumrah terjadi pada manusia, hal membuat kita kurang bisa bersikap bijak terhadap menghargai waktu, contoh saya, saya masih sering kurang menghargai waktu dan cenderung meremehkannya, saya gunakan waktu itu untuk hanya kemauan nafsu diri saya sendiri, seperti main game di laptop, surfing di internet, bahkan hanya sekedar melihat status-status teman di social media.

Semua hal itu bagi saya sebenernya kurang berguna namun saya akui itu dapat menghibur saya sedikit. Namun mungkin ada hal yang lebih bermakna ketimbang hal itu seperti contohnya membaca berita, mencoba menerapkan ilmu pemograman kita seperti membuat program-program sederhana dan membantu orang tua dirumah tentunya seperti menyapu, mencuci piring dan baju dan lainnya. Namun nampaknya hal itu susah untuk di realisasikan oleh diri saya sebab saya akui sampai sekarang saya belum bisa bijak dalam menghargai waktu. Saya sering sekali menggunakan waktu tidak sesuai dengan prioritas saya, sebagai contoh saya saat ini sedang menyusu skripsi namun saya malah keseringan diganggu oleh permainan di laptop saya sehingga saya mengesampingkan skripsi saya. Alahasil yang seharusnya bab 4 saya kelar pada bulan Mei sesuai target saya dahulu namun mundur sampai sekarang juni, hal ini kadang membuat saya khawatir namun di permaian laptop membuat saya tidak  mencemaskannya, namun saya tetap berusaha untuk tau mana prioritas saya sebagai anak dan mahasiswa yang bertanggung jawab. Menghargai waktu adalah hal yang menurut saya jarang orang yang bisa melakukannya dengan baik atau disiplin karena hal itu sulit atau bertolak belakang dengan kemauan nafsu manusia. Mungkin dari pengalaman saya, saya akan membagikan sebuah saran untuk anda para pembaca agar tidak seperti saya yang kurang bisa menghargai waktu.

Pertama buatlah sebuah buku agenda dimana buku tersebut dapat kita pegang atau bawa setiap saat, seperti buku kantong kecil, atau dengan mengunduh aplikasi-aplikasi yang berfungsi sebagai pengingat jangka waktu, lalu bila diagenda kita buat tabel list kegitaan harian kita dari mulai bangun hinggan tertidur kembali, berikan point-point catatan prioritas yang harus dikerjakan pada hari tersebut agar bila tidak bisa semua kita lakukan minimal kita telah melakukan hal-hal yang prioritas utama.

Kedua bersikap tegas terhadap diri anda yakinkan bahwa diri anda bisa menghargai waktu, ubahlah mindset “bawah masih ada hari esok” tetapi buat mindset anda “kalua bisa hari ini kenapa tidak” selanjutnya minta dukungan orang terdekat anda untuk mengingatkan anda akan hal-hal biasa yang anda harus lakukan sebagai kewajiban anda, biarkan orang menegur anda karna dengan teguran biasanya orang lebih cepat berubah ke arah yang lebih baik.

Ketiga bila hal diatas dapat anda lakukan dengan kurun waktu 1 bulan atau lebih jangan cepat puas, lakukanlah terus dan tambahkan kesadaraan anda bahwa waktu anda lebih berharga dan itu semua karna anda bisa memanajemen waktu anda, dengan itu maka anda akan menganggap waktu anda adalah mahal, anda tidak akan berusaha untuk menyia-nyikan waktu anda melainkan, anda selalu berusaha menggunakan waktu anda seoptimal mungkin dengan kegiatan2 anda.

Terakhir berterima kasihlah terhadap diri anda sendiri karna anda telah berhasil menghargai waktu anda seoptimal mungkin dan anda telah menjadi orang yang lebih baik dari orang-orang yang belum bisa menghargai waktunya sendiri. Anda memiliki point lebih yang dapat anda banggakan terhadap orang lain karna anda telah membuktikannya kepada orang lain bahwa kita dapat menhargai waktu asalkan kita ada kemauan dari diri sendiri.

Leave a Reply

